Kelurahan Punggaloba Manfaatkan Pekarangan dengan Tanaman Produktif

Advetorial1260 Dilihat

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Kelurahan Punggaloba, Kecamatan Kendari Barat memanfaatkan lahan pekarangan dengan menanam tanaman produktif. Hal ini merupakan salah satu program Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari yang telah dicanangkan oleh Pj Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup untuk menekan angka inflasi di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Lurah Punggaloba   M9rswati Hasyim mengatakan, pemanfaatan perkarangan ini dengan menanam tanaman produktif seperti cabai, tomat dan sayur yang memiliki potensi besar untuk memberikan manfaat ekonomi kepada masyarakat.

Ilustrasi

“Dengan menanam tanaman produktif di lahan pekarangan, masyarakat dapat memenuhi kebutuhan pangan keluarga sendiri, sehingga dapat mengurangi pengeluaran untuk membeli bahan makanan,” ucap jelasnya pada kendariaktual.com.

Selain itu, ia juga meminta disetiap RT/RW di Kelurahan Punggaloba untuk memanfaatkan lahan pekarangan rumah masyarakat ditanamankan tanaman produktif.

“Alhamdulillah kemarin dalam HUT Kota Kendari, lomba pemanfaatan lahan pekarangan Kelurahan Pinggaloba tampil sebagai juara 3 tabulakor dan tabulakornya. Kami sangat bersyukur sekali menjadi yang terbaik dalam hal pemanfaatan lahan pekarangan khususnya ditingkat Kelurahan se-kota Kendari,” ujarnya.

Ilustrasi

Ia menjelaskan, pihaknya juga akan terus melakukan penanaman berbagai jenis tanaman produktif di pekarangan rumah masyarakat yang masih kosong.

“Tadinya pemanfaatan lahan pekarangan itu di sekitar kantor Kelurahan saja, mungkin kedepannya akan memanfaatkan pekarangan di wilayah-wilayah milik masyarakat yang tidak di garap. kita akan izin kepada pemiliknya agar dimanfaatkan dengan ditanami,” imbuhnya.

Ia menekakan, bahwa masih banyak lahan-lahan kosong yang belum garap sekitar rumah warga dan dimanfaatkan secara optimal.

Ilustrasi

“Kami minta kepada masyarakat dapat melihat potensi lahan yang ada di sekitar mereka dan memanfaatkannya dengan baik. Jika setiap rumah memiliki tanaman produktif di pekarangnya, maka ini akan memberikan kontribusi positif terhadap perekenomian keluarga,” ungkapnya.

Ia menambahkan, dalam arahan Pj Wali Kota Kendari menyampaikan bahwa disetiap kelurahan harus memanfaatkan lahan pekarangannya.

“Kami berharap kegiatan ini terus kita gerakan yang nantinya akan juga turun ke setiap RT/RW, sehingga masyarakat yang tadinya merasa agak kemahalan biaya-biaya bahan sembako agar tidak kesusahan lagi,” harapnya. (Adv).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *