Kampanye di Purirano, Rasak-Afdhal Paparkan Program 500 Juta Bagi UMKM

Politik206 Dilihat

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari Abdul Rasak dan Afdhal memaparkan program unggulannya yakni banruan Rp 500 juta bagi pelaku UMKM di Kelurahan Purirano, Selasa (8/10/2024).

Calon Wali Kota Kendari Abdul Rasak mengatakan, bantuan permodalan bagi UMKM di Kota Kendari ini dimasukkan pasangan Rasak-Afdal senagai program unggulan karenan banyak pelaku UMKM di ibukota Sulawesi Tenggara ini yang belum terbina dengan baik.

Sebelum diberikan bantuan permodalan ini terangnya, para pelaku UMKM ini terlebih dahulu akan diberikan pelatihan melalui program rumah kreatif. Para pelaku UMKM ini di rumah kreatif akan diajarkan bagaimana bisa menghasilkan produk yang baik dan menarik minat pasar.

“Jadi setelah pelaku UMKM ini dilatih maka selanjutnya kamk akan memberikan bantuan permodalan. Bantuan permodalan ini ada dua pos anggaran, pertama melalui dana hibah pemerintah kota dan kedua bantuan permodalan dari Perbankan,”jelasnya pada kendariaktual.com, Selasa (8/10/2024) malam.

Untuk bantuan permodal dari pernankan tuturnta, para pelaku UMKM aksn diberikan sertifikasi setelah memgikuti pelatihan di rumah kreatif.  Dimana pemerintah kota kendari akan memberikan catatan penting agar pelaku UMKM dilauanj permohonan bantuan modalnya oleh perbankan.

Namun begitu lanjutnya, dalam pemberian bantuan UMKM ini akan dilaksanakan dengan memberikan klasifikasi usaha bagi para pelaku UMKM. Jadi tidak semua pelaku UMKM diberikan bantuan Rp 500 juta.

“Saya contohkan ibu-ibu yang berjualan ikan junjung, tidak mungkin diberikan bantuan modal hingga Rp 500 juta. Sebab bisa kita bayangkan jika uang Rp 500 juta digunakan untuk membeli ikan jaci saya pastikan tidak akan bisa dijunjungnya,”tuturnya.

Sementara itu Calon Wakil Wali Kota Kendari Afdhal menukaskan, program unggulan yang disampaikan oleh Abdul Rasak sangatlah realistis dan berpihak ke masyarakat kecil.

Ditambahkannya, dirinya dan Abdul Rasak tidak membahas komitmen pembagian saat setelah terpolih nantinya. Satu komitmen yang diinginkan oleh Abdil Rasak dan Afdhal adalah pemerintahan yang bersih.

“Visi dan misi pak Rasak semua berpihak ke masyarakat.  Jadi saya minta semuanya warga di BTN Purirano bersatu memenangkan Rasak-Afdhal .

 

Reporter : Intan
Editor       : Rasman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *