Pemkot Kendari Maksimalkan Pembentukan Sekolah Ramah Anak

Advetorial1934 Dilihat

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Pemerintah Kota Kendari terus berupaya menciptakan sekolah ramah anak guna mewujudkan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman bagi siswa-siswa nya.

Pelaksana Tugas Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Kendari Haslita mengatakn, pihaknya terus melakukan sosilisasi ke sekolah-sekolah di Kota Kendari guna menciptakan kota layak anak.

ilustrasi

Diungkapkannya, sosialisasi tersebut sangat penting untuk memberikan pemahaman mendalam kepada siswa tentang bentuk-bentuk perundungan dan kekerasan, serta mendorong mereka untuk berperan aktif dalam menciptakan lingkungan sekolah, yang bebas dari perilaku negatif tersebut.

“Kami ingin anak-anak memahami, apa yang termasuk dalam kategori bullying, sehingga mereka dapat mengontrol diri, berempati, dan tidak melakukan tindakan perundungan atau kekerasan,” jelasnya.

Disampaikan, pada sosialisasi tersebut, tidak hanya membahas definisi perundungan, tetapi juga menggali lebih dalam mengenai berbagai jenis perundungan, baik verbal, fisik, maupun sosial. Yulidar juga menyoroti, perundungan melibatkan lebih dari sekadar pelaku dan korban.

“Ada lingkaran bullying, di mana terdapat penonton, pengikut, pembela, dan bahkan potensi pembela. Semua pihak memiliki peran dalam peristiwa perundungan,” ungkapnya.

HASLITA

Haslita menambahkan, pihaknya menyediakan layanan konseling di Unit Pusat Pelayanan Terpadu Perindungan Perempuan dan Anak (P2TP2A) dan Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga), bagi siswa yang membutuhkan dukungan, terkait perundungan dan kekerasan. Selain itu, terdapat satuan tugas (satgas) lintas sektor, yang menangani kekerasan di lingkungan pendidikan, termasuk di dalamnya perwakilan dari DP3A Kota Kendari.

Dengan berbagai upaya tersebut, dirinya berharap, dapat terwujud sekolah ramah anak di seluruh sekolah di Kota Kendari, dan dapat menjadi contoh sekolah ramah anak di Sultra, yang bebas dari perundungan dan kekerasan, menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan mendukung bagi seluruh siswa.

:L M Rajab Jinik

Sementara itu Ketua Komisi III DPRD Kota Kendari L M Rajan Jinik menukaskan, sosialisasi di sekolah sangatlah penting terkait perlindungan anak. Sebab saat ini sangat banyak terjadi dibeberapa daerah yang melakukan bullying terhadap anak disekolah.

Maka dari itu lanjut Politisi Partai Golkar ini, haruslah dilakukan kerja ekstra keras dari seluruh stakeholder yang ada. Sehingga tidak ada lagi siswa yang mengalami bullying.

“Kami dari DPRD Kota Kendari tentunya akan menjadi garda terdepan jika ada ditemukan kasus pembullyan di sekolah. Sebab hal tersebut merupakan tindakan yang tidak benar,”tukasnya.(adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *