Antisipasi Tindak Kekerasan, Legislator Dukung Kawasan Terintegrasi Ramah Anak

Advetorial1402 Dilihat

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – DPRD Kota Kendari mendukung kawasan terintegrasi ramah anak untuk menciptakan Kota Kendari sebagai kota layak anak predikat utama.

Wakil Ketua DPRD Kota Samsuddin Rahim mengatakan, kawasan terintegrasi ramah anak dapat menjadi salah satu solusi menekan kasus kekerasan yang kerap terjadi pada anak. Selain itu, hal ini bisa memudahkan Pemkot Kendari untuk meraih predikat kota layak anak.

“Apalagi kasus kekerasan terhadap anak juga cenderung meningkat akhir-akhir ini di tingkat nasional maupun di Kota Kendari,” jelasnya saat dihubungi, Minggu (28/7/2024).

Ilustras

Politisi Partai Amanat Nasional ini pun mengapresiasi langkah Pemerintah Kota Kendari membangun kawasan terintegrasi ramah anak, di beberapa wilayah di Ibukota Sulawesi Tenggara.

“Sangat tepat kalau kawasan layanan terintegrasi ini di mulai di tingkat kelurahan, karena perlindungan terhadap anak bisa dilakukan ditingkat pemerintahan paling kecil yakni di kelurahan,” kata dia.

Untuk itu, harap Samsuddin, kawasan terintegrasi ramah anak tersebut dapat terus dimaksimalkan sehingga tidak ada lagi kasus kekerasan terhadap anak.

Ilustrasi

Sehingga, Kendari tidak hanya dikembangkan menjadi kota jasa, tetapi juga sebagai kota yang ramah anak dan memberikan perhatian besar terhadap perlindungan dan kebahagiaan anak.

“Sangat mendukung untuk di seluruh wilayah ini menyediakan kawasan layanan terintegrasi anak dan walikota menjadi inisiator untuk pembentukan kawasan terintegrasi layanan anak ini,” kata dia.

Menurut dia, penting bagi kawasan terintegrasi ramah anak dilengkapi dengan posko pengaduan kekerasan terhadap anak.

Ilustrasi

Hal tersebut bertujuan untuk menjamin bahwa anak-anak terlindungi dan memberikan rasa aman kepada mereka sebagai generasi masa depan bangsa.

Kota ramah anak harus menyediakan tempat-tempat pengaduan kekerasan terhadap anak yang mudah dijangkau masyarakat.

“Bahkan tidak hanya di kawasan ini, tapi di setiap kecamatan sudah seharusnya ada posko pengaduan kekerasan terhadap anak, agar masyarakat bisa mudah mengadukan jika ada tindak kekerasan terhadap anak,” ujar dia.

Senada dengan itu anggota Komisi I DPRD Kota Kendari Ilham hamra menuturkan, sangatlah penting untuk terus mendukung program pemerintah Kota Kendari untuk meraih penghargaan kota layak anak.

Sebab program ini lanjut Politisi Partai Demokrat ini, sangatlah penting karena bisa meredam segal hal yang terkait kekerasan terahadap anak.

“Siapapun yang jadi Wali Kota Kendari kedepannya menjadi suatu hal wajib untuk meningkatkan program kota layak anak ini,”tuturnya. (adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *